Maju-maju Nankatsu...!

Maju-maju Nankatsu...!
_Tsubasa Kecil_

_Tsubasa Besar_

Selasa, 06 April 2010

Tugas Minggu Ke- 8 & 9

Berikut ini adalah source code pada Game Nice Ball :
Game_Nice_Ball.java
//Deklarasi Java API
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
//Deklarasi Game_Nice_Ball
public class Game_Nice_Ball extends MIDlet implements CommandListener {
//Deklarasi objek canvas dan layar
private canvas_niceball layar_kanvas;
private pilih layar_pilih;
//Pengaturan perintah menu pada layar utama permainan
private Command comm_keluar = new Command("Keluar", Command.EXIT, 99);
private Command comm_new = new Command("Layar Baru", Command.SCREEN, 1);
private Command comm_alert = new Command("Selesai", Command.EXIT, 1);
private Command comm_opsi = new Command("Pengaturan Ukuran", Command.SCREEN, 1);
//Constructor class
//Mengeksekusi semua objek dan menthod dari setiap class yang terhubung dengan class canvas_niceball
public Game_Nice_Ball() {
    try {
      layar_kanvas = new canvas_niceball(Display.getDisplay(this));
      layar_kanvas.addCommand(comm_keluar);
      layar_kanvas.addCommand(comm_new);
      layar_kanvas.addCommand(comm_opsi);
      layar_kanvas.setCommandListener(this);
    } catch(Exception e) {
      Alert errorAlert = new Alert("error",
           e.getMessage(), null, AlertType.ERROR);
      errorAlert.setCommandListener(this);
      errorAlert.setTimeout(Alert.FOREVER);
      errorAlert.addCommand(comm_alert);
      Display.getDisplay(this).setCurrent(errorAlert);
    }
  }
//Kode yang dieksekusi pada saat aplikasi mulai dijalankan
public void startApp() throws MIDletStateChangeException {
    if(layar_kanvas != null) {
      layar_kanvas.start();
    }
  }
//Perintah Pause dan Stop aplikasi 
public void destroyApp(boolean unconditional)
      throws MIDletStateChangeException {
    layar_kanvas = null;
    System.gc();
  }
  public void pauseApp() {
  }
//Perintah untuk mengatur proses utama game baik itu menu pengaturan dan perintah untuk keluar dari game 
public void commandAction(Command c, Displayable s) {
    if(c == comm_new) {
      layar_kanvas.newMaze();
    } else if(c == comm_alert) {
      try {
          destroyApp(false);
          notifyDestroyed();
      } catch (MIDletStateChangeException ex) {
      }
    } else if(c == comm_opsi) {
      if(layar_pilih == null) {
          layar_pilih = new pilih(layar_kanvas);
      }
      Display.getDisplay(this).setCurrent(layar_pilih);
    } else if(c == comm_keluar) {
      try {
         destroyApp(false);
         notifyDestroyed();
      } catch (MIDletStateChangeException ex) {
      }
    }
  }
 
}


Source code diatas merupakan source code class utama untuk Game Nice Ball. Class utama tersebut bernama Game_Nice_Ball. Pada source code class utama tersebut, akan memanggil class-class yang telah dideklarasikan dalam class utama dan juga dideklarasikan elemen-elemen yang digunakan untuk pembuatan Game Nice Ball. Elemen-elemen tersebut antara lain :
-   layar_kanvas
-   layar_pilih
-   elemen Command Action yang berfungsi agar ketika user mamainkan permainan tersebut, user dapat memilih pilihan yang diinginkan. Elemen tersebut antara lain :
-   Keluar
-   Layat baru
-   Selesai
-   Pengaturan Ukuran


Sumber :
Irawan,2009,12 Aplikasi Java Mobile.Palembang:Maxicom